Mio berteknologi
injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yakni Mio J sudah
dikenalkan Yamaha. Bagaimana dengan nasib Mio lain yang berkarburator?
Apa akan dihentikan Yamaha di masa depan?
"Dengan lahirnya Yamaha
Mio J ini, bukan berarti akan menghentikan Mio karburator," ujar GM
Marketing Communication and Community Head PT Yamaha Motor Kencana
Indonesia Eko Prabowo di Bandung.
Yamaha masih masih melihat
perkembangan pasar, namun secara bertahap bisa saja semua varian Mio
akan menggunakan injeksi. "Tetapi kembali kita harus melihat pasar
terlebih dahulu," kata Eko.
Mio J yang akan diluncurkan pada
bulan Februari ini sampai sekarang belum ada harga resminya. Sebagai
perbandingan harga Mio Soul mencapai Rp 13,565 juta.
"Mio injeksi belum diputuskan berapa harganya. Baru pada tanggal 2 Februari 2012 harga Mio - J ini dapat diketahui," ujar Eko.
Tidak
berhenti sampai disitu, Mio-J bersistem Injeksi ini juga ditargetkan
akan mencapai penjualan hingga 25 ribu perbulan dan secara bertahap
meningkat hingga 50 ribu unit perbulan.
Mesin yang akan digunakan
Mio-J ini juga masih berpatokan kepada mesin 4 langkah 113cc, 2 valve
SOHC dengan pendingin kipas. Mesin Mio-J diprediksi mampu menghasilkan
tenaga hingga 7,75 PS pada putaran 8.500 rpm, dengan torsi yang mencapai
8,5 Nm di 5.000 rpm.
Januari lalu,
Yamaha sempat memperlihatkan motor sport YZF R15 edisi khusus di ajang
Auto Show New Delhi, India. Nah, kabarnya motor tersebut sudah mulai
dipasarkan.
Untuk menjaga eksklusivitas edisi spesial tersebut,
Yamaha hanya menawarkan 2 edisi terbatas dengan jumlah produksi hanya
500 unit.
Varian terbaru ini mengunakan warna pilihan seperti
merah marun yang dikombinasikan dengan gravis tribal hitam dan putih
sebagai pinggirannya. Keduanya juga disebut sebagai Fiery Red Special
Edition dan WGP 50th Anniversary Edition. Sesuai namanya motor ini diproduksi untuk memperingati kiprah Yamaha di MotoGP.
Seperti
dikutip dari motorbeam, Kamis (9/2/2012) pemesanan sudah bisa dilakukan
di setiap diler Yamaha di India. Yamaha R15 edisi khusus ditawarkan
dengan harga Rp 19,9 juta dan Rp 20,1 juta.
Perubahan tidak
sampai ke sektor mesin. Yamaha R15 special Edition tetape menggunakan
mesin apasitas 149.8 cc SOHC 1 silinder liquid cooled, 4 valve, 4
langkah.
Mesinnya sanggup menyemburkan tenaga hingga 17 Ps pada 8.500 RPM dan torsi 15 Nm pada 7.500 RPM.
Sayang meski penggemar motor ini cukup banyak di Indonesia, Yamaha belum berniat memboyongnya ke tanah air. Di Facebook pun dukungan agar motor segera dibawa Yamaha ke tanah air mengalir cukup deras.
GM Marketing Communication and Community Head PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Eko Prabowo
mengatakan dalam roadmap line up produksi Yamaha yang akan dipasarkan
di Indonesia, produk motor sport R15 tak masuk jajaran motor anyar.
"Totally
nggak (R15) karena saya sudah tahu masterplan-nya, saya pegang
masterplannya, 4 tahun kedepan nggak ada," katanya di Jepang akhir tahun
lalu.
Eko menuturkan alasan mendasar pihaknya tak memasukkan
motor sport yang cukup populer di India itu karena secara kebutuhan
motor segmen tersebut sudah terpenuhi. V-Ixion dianggap masih bisa
memenuhi harapan pecinta R15 di dalam negeri.
"Itu sudah terpenuhi dengan adanya V-Ixion, dari sisi teknologi, sistem, fuel injection," katanya.