search

Sportscar SLS 63 AMG Roadster dan C 63 AMG Coupe



PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI) sukses menutup tahun 2011 dengan pertumbuhan sebesar 16% menjadi 5.331 unit dari tahun sebelumnya sebesar 4.594 unit. Membuka tahun 2012 ini, MBI makin optimis pasar premium makin tumbuh. Sebagai permulaan, MBI langsung meluncurkan dua unit sportscar yaitu Mercedes-Benz SLS 63 AMG Roadster dan C 63 AMG Coupe. Keduanya dibanderol harga off-the road Rp Rp 4.399 miliar dan Rp 1.799 miliar.

Meskipun tidak ditarget, kedua sportscar berpeforma dahsyat ini diyakini akan menarik konsumen kaya pecinta adrenalin di Indonesia. SLS 63 AMG dan C 63 AMG merupakan sebuah mahakarya Mercedes-Benz yang mendapat sentuhan khas dari rumah modifikasi resmi, AMG. Gaya berbeda ditampilkan keduanya dengan teknologi canggih yang telah disematkan.

Mercedes-Benz menyatakan, semua teknologi yang diharapkan dalam sebuah sports car berbaur menjadi satu di dalam SLS AMG Roadster. Kombinasi rangka aluminium, Mesin front-mid AMG V8 6.3 liter dengan dry sump lubrication dapat menghasilkan tenaga sebesar 571 hp dan torsi 650 Nm. Tenaganya disalurkan pada transmisi 7-speed kopling ganda dengan pengaturan transaxle dan suspensi sport double wishbone aluminium.
Akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh 3,8 detik saja dengan top speed dibatasi hingga 317 km/jam. Konsumsi bahan bakarnya diklaim 7,5 km/liter. Konsep desain pada bagian interiornya senada dengan exteriornya, mengingatkan pada atmosfir kokpit pesawat udara. Fitur gaya berselera tinggi pada dashboard menyerupai bagian sayap pesawat, lengkap dengan pengaturan ventilasi udara dengan nozzle berbentuk saling-silang yang menyerupai mesin pesawat jet.
Atap kain SLS AMG Roadster yang lembut dan padat dapat membuka dan menutup hanya dalam waktu 11 detik saja, bahkan dapat beroperasi hingga kecepatan maksimal 50 km/jam. Dengan menggunakan AMG Drive Unit, pengemudi SLS AMG Roadster dapat mengatur sendiri sistem suspensi mana yang mereka inginkan, apakah Comfort, Sport, atau Sport Plus. Desain eksotis pada eksterior SLS 63 AMG Roadster juga dipercantik dengan paduan velg dan ban berukuran 265/35 ZR19 untuk roda depan dan 295/30 ZR 20 untuk roda belakang.
Melengkapi keluarga C-Class AMG, Mercedes AMG juga mempersembahkan C 63 AMG Coupe yang memiliki performa tinggi dan pengendaraan dinamis. Melesat dengan kecepatan mesin V8 AMG 6.3 liter, C 63 AMG Coupe dapat menghasilkan tenaga maksimum 457 hp dan dengan torsi 600 Nm. 0 – 100 km/jam diklaim hanya 4.5 detik saja dengan kecepatan maksimal dibatasi hingga 250 km/jam.
Seluruh teknologi yang ada pada mobil ini merupakan pengembangan yang diadopsi dari C 63 AMG sedan dan estate yang telah hadir sebelumnya. Sportscar ini menggunakan transmisi AMG Speedshift MCT 7-speed dengan controlled efficiency sebagai kelengkapan standard dan penggunaan pompa power steering baru, yang dapat membuat kendaraan ini hemat bahan bakar. Klaimnya, C 63 AMG mencatatkan konsumsi bahan bakar 8,5 km/l.

Suzuki GSR750 Versi 2012 Dijejali ABS


Suzuki baru saja memperkenalkan GSR750 versi 2012. Meski tak ada yang berebeda secara bentuk, tapi ada penambahan fitur safety di perangkat pengeremannya. Apalagi kalau bukan Antilock Bracking System (ABS).

ABS-nya ini tentu membuat harganya sedikit lebih mahal. Yaitu dilepas 7.349 Poundsterling atau sekitar Rp 104 jutaan. Sedang yang non-ABS dijual 6.999 Poundsterling atau setara Rp 99,5 jutaan.

Mesinnya tetap pakai empat silinder segaris. Desainnya juga tetap naked dan terlihat agresif dengan garis-garis bodi tajamnya yang khas.

Mesinnya tetap memakai 4 silinder segaris. Mesin yang memiliki kapasitas mesin bersih 749 cc ini dilengkapi dengan injeksi bahan bakar dan transmisi 6 percepatan.

"GSR750 ini telah terbukti menjadi mesin yang sangat populer di Inggris dan Eropa. Juga ABS adalah jelas sebuah fitur keamanan besar yang kami harap hanya akan menambah permintaan GSR pada tahun 2012," ungkap Paul de Lusignan, GM Suzuki Inggris. (via motorplus-online.com)

Launching Tengah Tahun 2012, Suzuki GW250 Dijual Rp 40 Jutaan


Suzuki GW250 hampir pasti dipasarkan di Indonesia tahun 2012 mendatang, bahkan Suzuki Motor Corporation (SMC) lewat press realese yang diterima redaksi dengan gamblang menyebutkan kalau GW250 dari China akan di jual di Eropa, Indonesia dan Amerika Selatan.

Di China dan Eropa sudah duluan mengaspal, bahkan di Inggris hadir dengan nama Suzuki Inazuma 250. Lalu kapan motor sport turing ini akan resmi dijual di Indonesia?

"Kalau tidak ada halangan tengah tahun 2012, kemungkinan pas Pekan Raya Jakarta (PRJ)," bisik narasumber dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ATPM Suzuki di Indonesia.

Sedang harganya tetap akan masuk segmen premium di angka Rp 40 jutaan. "Harganya tidak akan jauh dari Ninja 250R dan CBR 250R," bebernya lagi.

Menurutnya, motor ini punya diferensiasi bila dibandingkan dengan dua motor sport 250 cc yang sudah lebih dulu beredar. GW250 bukan sport fairing, jadi lebih cocok untuk perjalanan dalam kota.

"Selain itu mesinnya juga dua silinder bukan seperti CBR 250R yang hanya satu silinder," ungkapnya yakin motor ini bakal ramai diserbu pecinta turing.

Motor ini mengusung mesin dua silinder. Tiap kepala silinder punya konstruksi single overhead camshaft (SOHC) dan 2 klep. Meski teknologinya sederhana, tapi sudah mengadopsi injeksi bahan bakar dan berpendingin air. Suzuki mengklaim tenaganya mencapai 18 kW di 8.500 rpm.

Wheelbase-nya yang panjang hingga 1.430 mm menjelaskan kalau motor ini lebih mengutamakan stabilitas ketika berkendara jauh. Suspensi depan teleskopik dan monoshock di belakang diharapkan mampu membuat perjalanan lebih mengasyikan. (via motorplus-online.com)

Minerva Tes Motor Sport 150 Naked, Siap Tantang Byson dan MegaPro


Akhirnya pihak PT Minerva Motor Indonesia (MMI) buka mulut soal motor sport baru 150cc-nya. Diam-diam pengetesan motor bergaya naked ini sudah dimulai.

Pengetesannya dilakukan di sirkuit Internasional Sentul dan tentunya di jalanan Indonesia. "Peluncurannya masih menunggu hasil tes durability. Tapi ditargetkan tahun ini," ujar sang narasumber tanpa mau disebutkan namanya.

Soal desain, silahkan perhatikan penampilannya. Naked dengan desain futuristik. Pelek palang, disk brake depan-belakang, rangka dan swing arm teralis.

Mesinnya 150cc yang kabarnya masih menggunakan platform yang sama dengan mesin Minerva 150VX. Satu silinder berpendingin udara dan memiliki knalpot model under tail.

"Desainnya keren untuk saingi Yamaha Byson, Honda MegaPro dan Bajaj Pulsar 135," lanjutnya optimis.

Wah, 2012 banyak motor sport baru nih! (via motorplus-online.com) 

Wow, Mio J-FI Dijual Mulai Rp 11,99 Jutaan!

Akhirnya Yamaha Mio J resmi diumumkan harga jualnya! Setelah dipamerkan untuk pertama kalinya di Bandung dan Bali, kini konsumen sudah bisa memesan dan membawa pulang, skubek pertama Yamaha yang berteknologi injeksi.

Untuk on the road wilayah Jakarta dan sekitarnya, Mio J-FI berpelek jari-jari dibanderol seharga Rp 11,99 jutaan. Mio J-CW FI atau yang mengusung pelek palang dilepas Rp 12,8 juta dan Mio J-CW Teen FI dijual Rp 12,93 jutaan.

Harga ini sekaligus melengkapi varian baru Mio Fino yang dijual Rp 13,5 untuk Mio Fino Sporty dan Mio Fino Fashion. Sedangkan Mio Fino Classic Rp 13,65 juta.

Di bulan Februari ini delivery Mio Fino di seluruh area se-Indonesia sebanyak 20.000 unit dan 32.300 unit untuk Mio J. Wilayah Yamaha DDS 1 area Jabodetabek, Banten dan Cikarang menjadi daerah pertama untuk delivery Mio Fino dan Mio J sehingga konsumen di area itu dapat langsung membelinya pada 3 Februari.

Delivery Mio Fino ke area DDS 1 sejumlah 4.400 unit dan Mio J ada 7.800 unit. Sebelum resmi dilempar ke pasaran, sejumlah konsumen sudah melakukan indent untuk pembelian Mio Fino saat melihatnya di display DDS 1.

”Karena banyak yang tertarik, kami akhirnya membuat data nama dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Jadi saat pesanan mereka sudah ada, tinggal di-follow up. Sebagian besar menginginkan Mio Fino Sporty dan yang pesan itu konsumen pria,” sebut Johannes BMS, Chief Marketing DDS Jabodetabek. (motorplus-online.com) 

 

Mio Soul Injeksi Baru Pakai Nama Yamaha Mio Soul GT ?

Info seputar rencana Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang akan terus menggelontorkan model skubek baru makin santer saja. Kabar terakhir yang masuk ke meja redaksi, nama Mio dan Soul akan tetap dipakai.

Tapi bedanya, ada tambahan embel-embel "GT" pada skubek baru yang sudah dilengkapi dengan injeksi bahan bakar ini. Jadi namanya akan menjadi "Mio Soul GT".

"Sementara rencananya itu. Nama Mio Soul sudah sangat kuat di Indonesia, sayang kalau dihilangkan," bisik narasumber dari YIMM tanpa merinci apakan GT ini hanya salah satu varian dari Mio Soul baru, atau semua Mio Soul baru ini menggunakan nama belakang GT.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, motor ini akan menggunakan platform rangka dan mesin serupa dengan Mio J. Mesinnya akan tetap berspesifikasi 4-tak SOHC 2 klep dengan kapasitas ruang bakar 113 cc.

Sistem injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yang diandalkannya memiliki air assist passage, 2 throttle valve dan idle speed control membuatnya lebih hemat bahan bakar. 

Sedang desain bodinya juga diyakini akan jauh lebih berotot. Desainnya benar-benar baru. Jadi penasaran lihat bentuknya! (motorplus-online.com) 

Tips Performance

Tips Klub, Korek Harian Suzuki Satria F-150 Kuat Jalan Jauh

Sejatinya Suzuki Satria F-150 dibekali kapasitas mesin besar. Tapi, sebagian anak klub yang rajin turing ke luar kota merasa akselerasi dan top speed masih bisa ditingkatin. Tanpa bore up atau stroke up. Cukup kohar atau korek harian tapi power naik namun tetap irit bensin.

Seperti yang biasa dilakukan Saifur Rochman. Dia pebengkel di Jl. Raya Pondok Rajeg, Kampung Cipayung RT 05/05 Kelurahan Tengah, Cibinong. Mekanik road race yang jadi rujukan Cibinong Suzuki Satria Club. Berikut ini diantaranya.

Knalpot Dibobok

Bagusnya memang menggunakan knalpot racing. Namun banyak yang ogah karena suaranya berisik. Apalagi dipakai keluar kota dalam jangka waktu yang lama. Banyak yang merasa tidak nyaman.

Opsinya tetap menggunakan knalpot standar. Tapi, dibuat agar tidak mengurangi performanya. “Lebih mantap dibobok. Saluran buang lebih lancar dan tidak terlalu berisik,” jelas Dorman yang asli Purbalingga, Jawa Tengah itu.

Akan lebih sip lagi menggunakan silencer Suzuki Satria F-150 yang masih built up. Yaitu dari Satria F-150 keluaran 2004 sampai 2006. Karena memiliki pelat silincernya yang lebih tipis. “Juga material yang berbeda dibandingkan silencer Satria keluaran baru” jelas Dormen.

Porting Polish

Langkah awal yaitu menerapkan korengan ringan. Bahkan familiar yang sering dilakukan bengkel jalanan. Yaitu dengan menghaluskan alur kulit jeruk di lubang isap dan buang. Jangan, terlalu banyak mengikisnya. Pakai ampelas juga bisa.

Durasi Kem

Supaya power mesin lebih mantap, Dormen sangat teliti dalam mematok buka-tutup klep. Dia ukur meggunakan busur dan dial gauge. Durasi total kem dibikin 240 dan 241 derajat.

Klep isap dibuat membuka 20 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 40 derajat setelah TMB (Titik Mati Bawah). Sedangkan klep buang membuka 41 derajat sebelum TMB dan menutup 20 derajat setelah TMA.

Rasio Kompresi Naik

Banyak yang kurang puas dengan akselerasi standar. Cara paling mudah yaitu dengan menaikkan rasio kompresi. Tidak puasa dengan melepas beberapa lembar paking, malah papas blok. “Yaitu blok silinder bagian atasnya. Sekitar 0,5 mm,” jelas pria berambut cepak itu.

Namun berisiko kalau tidak diimbangi dengan pemakaian bensin oktan tinggi. Misalnya di daerah yang jarang dijumpai Pertamax atau Pertamax Plus, berakibat bahaya.

Misalnya di Pantura dengan trek panjang. Diisi bensin Premium trus gas dipanteng terus. Mesin berkitir tinggi cukup lama tapi bensinnya oktan rendah, berdasarkan pengalaman dari orang mudik, banyak yang bolong sehernnya. “Kecuali jika treknya pendek-pendek, jangan panteng gas. Masih aman,” beber Eka.

Celah Klep

Tidak hanya harus main dial kem. Celah klep juga harus dibuat optimum. Di Suzuki Satria F-150 tidak bisa disetel dengan cara manual. Celah klep diatur oleh tebalnya sim. Bukan SIM singkatan dari Surat Izin Mengemudi, sim atau pengganjal ini seperti pil.

Sim dipasang di retainer atau ring pemegang per dengan klepnya. Supaya klep lebih sempit harus menggunakan sim yang tebal. Ketebalan sim ini ada beberapa pilihan. Tergantung setelan klep yang dimau.

Menggunakan filler gauge, kerenggangan klep paling pas memakai komposisi 0,2 mm untuk katup isap dan 0,15 untuk klep buangnya. Untuk mencapai ukuran yang pas seperti ini harus dilakukan beberapa kali pemilihan sim.

Setelan seperti ini terbukti aman. “Enak dibejek sampai Bengkulu pergi-pulang” tambah Eka yang doyan turing itu.   (motorplus-online.com)

Modif Yamaha Byson, 2010 (Cimahi)
Yamaha Byson, Gaya Kinclong Buat Harian

Kalau sekadar buat ikut contezt, tampilan motor kinclong menjadi biasa. Tapi, kalau buat keperluan harian, itu yang menjadi motivasi Ivan Bonar buat modifikasi Yamaha Byson lansiran 2010 miliknya.

“Selain buat harian, kadang dipakai turing juga. Makanya, modifikasi keseluruhan turut dukung riding position,” sebut Ivan yang tinggal di Cimahi, Jawa Barat. Urusan bikin kinclong, diserahkan ke Rahmat Mulyana Sumantri.

Rahmat atau beken dipanggil Beben ini memadukan dua teknik pewarnaan. Yaitu, krom yang dipadu cat candy tone dan cat model anodize. “Awalnya cuma ingin main di kinclong lewat krom saja. Anodize itu justru karena bodi part tertinggal,” sebut owner Ben’s Airbrush di Jl. M Toha No. 274, Bandung, Jawa Barat.

Beben mau sharing ilmu pengecetan. Pertama kali, seluruh bodi pacuan dipereteli lalu dikrom. Tentunya, pakai teknik krom plastik. Maka itu, doi melempar order krom hingga ke Surabaya, Jawa Timur.

Usai krom dilakukan, dilanjutkan ke pengecatan. Dasar yang krom kembali dilabur pernis. Lalu, dilanjutkan dengan pembuatan detail terlebih dulu. Misalnya, pakai motif lidah api seperti yang terukir di bodi belakang. Atau, motif yang menyerupai lubang-lubang di sarang lebah. Semua itu, dibuat pakai cat biasa.

Setelah detail yang diinginkan dilukis di bodi, airbrusher 36 tahun itu melapisi bagian atasnya pakai cat candy tone warna merah dari DuPont. “Kalau untuk yang warna kuning, pakai Spies Hecker. Kuningnya lebih terang,” sebut Beben.

Terakhir, warna anodize. Ya, seperti di cover tengah itu, lho. Sebenarnya itu bukan anodize murni. Tapi dari cat tipe crystal silver dari Spies Hecker. “Biar makin serupa anodize, pernishnya pakai yang doof,” tutupnya. Keren! (mobil.otomotifnet.com) 

Test Ride Kawasaki ER-6n, Layak Jadi Moge Harian

Pihak Kawasaki begitu yakin moge 650cc, ER-6n cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia. Sempit, macet dan rusak! Masa sih??? Dari pada penasaran langsung coba saja. Jalan raya dengan model berkendara sehari-hari jadi sasarannya.

Fitur dan Teknologi
Sebenarnya secara fitur, moge ini terbilang minimalis. Paling mencolok mata adalah penampilan instrumen cluster yang ukurannya tidak terlalu besar. Meski kecil tapi mudah dibaca.

Di bawah sinar matahari sekalipun, indikator digitalnya bisa dilihat jelas. Kalau malam nampak meriah dengan backlighting biru pada panel LCD dan putih kekuningan di panel takometernya.

Indikator digital pada motor ini memuat banyak informasi. Bukan cuma speedometer, tapi ada juga odometer, dua pilihan trip meter serta jam digital. Menariknya ada fitur mirip mobil, yaitu info konsumsi bahan bakar rata-rata yang digunakan dan jarak yang masih bisa ditempuh dengan bahan bakar yang ada di tanki.  

Fitur lain yang memudahkan adalah, tuas kopling dan rem depan yang bisa diatur sendiri jarak mainnya. Tinggal putar lalu sesuaikan dengan panjang jari tangan.

Uniknya, kunci setang punya dua pilihan. Normal dan dalam posisi "P". Bila posisi ada di "P", maka lampu utama tetap menyala meski mesin mati dan terkunci setang. Bisa dipakai ketika parkir di pinggir jalan dan tidak terlalu lama, motor tetap terlihat oleh pengendara lainnya.

Handling
Duduk di atas joknya bikin kaget. Tinggi jok yang cuma 805 mm membuat nyaman pengendara Asia yang umumnya tidak terlalu jangkung. Pengendara dengan tinggi badan 165 cm saja enggak perlu terlalu jinjit. Apalagi yang lebih tinggi, makin nyaman saja.

Joknya lebar tapi empuk, berlaku buat jok pengendara maupun boncenger. Efeknya jelas, makin betah saat jalan jauh. Khusus jok pengendara desainnya juga dibuat tipis di bagian samping, membuat kaki tidak terlalu ngangkang.

Posisi setang yang tinggi khas motor turing dan tidak terlalu lebar punya dua keuntungan. Pertama, posisi duduk jadi lebih santai. Kedua, jadi percaya diri ketika berkendara di kemacetan. Rasanya tidak lebih lebar dari Ninja 250R, bikin percaya diri selap-selip.

Whellbase-nya juga tidak terlalu panjang. Hanya 1.410 mm, beda tipis dengan Kawasaki Ninja 250R yang 1.390 mm. Buat yang sudah lincah pakai Ninja 250R, pasti tidak akan kaget bawa motor ini.

Mungkin karena didesain sebagai moge harian dan disesuaikan dengan jalanan Indonesia yang ala kadarnya, suspensi ER-6n sengaja dibuat nyaman. Sokbraker belakangnya terasa empuk, tapi kalau mau mendapatkan karakter lebih sporty, masih bisa disetting lebih keras. Sedang yang depan tidak bisa diubah karakternya.

Sayangnya bobot motor ini lumayan berat. Saat parkir di tempat sempit dan harus menggeser bodi belakangnya, sungguh terasa menyiksa. Maklum bobotnya mencapai 204 kilogram. Performa
Mesin dua silinder 8 klep yang memiliki kapasitas ruang bakar 649 cc ini punya torsi badak, 64 Nm di 7.000 rpm. Dengan spesifikasi tersebut bisa dipastikan tidak perlu bejek gas terlalu dalam untuk menikmati akselerasinya.

Bahkan dalam keseharian di jalanan Jakarta lebih sering bermain di putaran mesin rendah dan lebih banyak main kopling. Untungnya, tuas koplingnya ringan, enggak cepat pegal.

Tapi giliran disentak, roda depan dengan mudah terangkat. Hati-hati jangan sampai genggaman tangan lepas dari setang. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dengan motor yang memiliki tenaga 70,7 Dk di 8.000 rpm ini bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Oiya, jangan kaget bila merasa suara mesinnya sedikit kasar. Rasanya wajar mengingat spesifikasinya hanya dua silinder. Masing-masing silinder memiliki kapasitas ruang bakar hampir 325 cc. Begitu juga dengan panas mesinnya, jangan kaget ketika paha jadi terasa hangat saat melintasi jalanan macet.

Konsumsi Bahan Bakar
Dicoba di dalam kota Jakarta dengan variasi macet dan jalanan lengang, motor ini masih bisa mencapai 17,4 kilometer dengan 1 liter bahan bakar beroktan 92. Boros? tapi dibayar dengan torsi mantab dan kemudahan berkendara di atas moge. (motorplus-online.com)

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Ibukotanya adalah Boroko. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007.
Kabupaten Bolaang Mongondow Utara adalah 1 dari 16 usulan pemekaran kabupaten/kota yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada tanggal 8 Desember 2006. Ke-16 kabupaten/kota tersebut adalah:

Batas wilayah

Batas-batas wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara adalah sebagai berikut:
Utara Laut Sulawesi
Selatan Posigadan, Kabupaten Bolaang Mongondow
Barat Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo
Timur Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow                                               
 Spesifikasi Yamaha YZF-R15 2012 Facelift

Untuk desainnya, Motor Yamaha YZF-R15 2012 dibaluti dengan swing arm dari alumunium, ban belakang lebih lebar, kursi model split. Pada bagian buritan terlihat futuristik dengan lampu LED. memiliki dimensi 1970 mm x 670 mm x 1070 mm (panjang x lebar x tinggi). Untuk suspensi depan masing menggunakan suspensi telescopic dan suspensi belakang mengusung suspensi jenis monoshock.
Sedangkan pada bagian mesinnya, YZF-R15 2012 Facelift masih menggunakan silinder tunggal dengan sistem pengkabutan mengadopsi sistem injeksi. Kapasitas silinder sebesar 149,8cc yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 17 HP pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimum 15 Nm pada 7500 rpm.

Harga Yamaha YZF-R15 2012

Sampai artikel ini diturunkan, motor ini belum resmi di pasarkan di Indonesia, namun dari informasi tempat peluncurannya di India dibandrol dengan Harga 107.000 Rupee atau sekitar Rp19,8 juta.
Untuk di Indonesia sendiri meskipun belum pasti namu sudah beredar isu bahwa Yamaha YZF-R15 2012 bakal di pasarkan pada Tahun 2012 atau 2013.
Nah biar tidak dibikin penasaran soal penampilannya, anda pecinta sport bisa langsung melihat video-nya dibawah ini.