search

Honda Siap Bertaji di Arena Balap Nasional

Dukungan dan pembinaan PT Astra Honda Motor (AHM) dalam aktifitas balap sepeda motor atau yang dikenal dengan road race, terus meningkat. Sesuai dengan perencanaan yang telah disusun, pada tahun 2012 ini, AHM melanjutkan pengembangan sejumlah program yang telah sukses di tahun sebelumnya di arena balap nasional. Dukungan terhadap tim yang tahun lalu hanya 20 tim, tahun ini meningkat menjadi 26 tim. Sebanyak 7 tim akan berlaga di Indoprix dan sebanyak 19 tim akan berkirah di Motoprix.

Secara kuantitas, selain jumlah tim yang meningkat, AHM juga memperbanyak jumlah region yang didukung. Tahun ini, Honda memberi dukungan 26 tim balap yang tersebar di 5 region, yaitu region 1 (Sumatera), Region 2 (Jawa), region 3 (Bali-NTB-NTT), Region 4 (Kalimantan) dan region 5 (Sulawesi). Sementara tahun lalu, AHM baru memberi dukungan tim kejurnas full series hanya di 3 region, yaitu di region 1, region 4 dan region 3.

Secara kualitas, AHM juga memperketat seleksi tim-tim yang akan didukung dengan memperhatikan banyak aspek, mulai dari kualitas pembalap yang diajukan, chief mekanik serta faktor penunjang lainnya. “Aspek kualitas menjadi pertimbangan utama dalam menentukan dukungan yang akan kami berikan,” ujar A. Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis Division PT AHM.

Berdasarkan hasil seleksi, terlihat tim-tim yang bergabung mengusung panji-panji One Heart dan Satu Hati akan membawa banyak perubahan dalam konstelasi balap tanah air.

Tim main dealer, dealer maupun tim professional murni yang disokong AHM memiliki skuad yang menjanjikan. PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (HSO) untuk pertama kalinya terjun ke arena balap Indoprix dengan membentuk Astra Motor Racing Team. Kiprah perdananya ditandai dengan yang memboyong pasukan Star Motor, lengkap dengan Benny Djatiutomo, legenda balap nasional yang sudah membawa timnya jadi langganan juara nasional, sekaligus Denny Triyugo, pembalap yang baru saja jadi juara nasional Indoprix 2011.
       
Tim dealer yang juga membuat gebrakan adalah Honda Tunas Jaya, Magelang. Hokky Krisdianto, juara nasional dua kali pada tahun 2008 dan 2009 akan memperkuat skuad balapnya yang akan tampil di ajang balap nasional bersama Dedi Fermadi. “Di kejurnas Indoprix, semua  pembalap Honda nanti akan menggunakan All New Honda Blade. Mereka akan membuktikan ketangguhan mesin barunya langsung di setiap sirkuit,” ungkap Indra.

Selain dukungan serius terhadap tim balap, AHM juga secara konsisten melanjutkan program Honda Racing School (HRS). Sementara itu, untuk Honda Racing Championship (HRC), AHM juga tetap melakukan kegiatan rutin tahunan tersebut sejumlah 9 seri. Seperti tahun lalu, kegiatan one make race Honda ini akan dilaksanakan dalam bentuk seri dan non seri.

Nissan Invitation Masuki Teritori Honda Jazz

 

Pesaing Honda Jazz dipastikan akan bertambah lagi melalui kehadiran Nissan Invitation. Akan tampil perdana di Geneva Motor Show, Maret 2012 nanti, Nissan Invitation merupakan produk global yang akan memperkuat lini produk global sebelumnya, yaitu Nissan March dan Juke. Untuk menarik konsumen dunia, Nissan telah membekali Invitation dengan fitur-fitur baru yang menarik dan tampilan eksterior yang menawan.
Dari sosoknya, Nissan Invitation sangat ‘mengundang’ konsumen untuk membelinya. Karakter tegas di bagian dengan melalui grille yang terinspirasi dari SUV Nissan Murano, garis-garis bodi samping yang dinamis, hingga desain bagian belakang yang modern, diyakini dapat mengganggu rival-rival yang sudah mapan seperti Honda Jazz atau Toyota Yaris.

Senjata lainnya, hatchback ini telah memiliki teknologi terdepan di antara pesaingnya. Sebut saja sistem Around View Monitor (AVM) yang akan memudahkan saat parkir atau bergerak mundur melalui tampilan display pada monitor di dashboard. Teknologi unggulan lainnya adalah penyematan fitur Nissan Safety Shield, yang mampu memberikan informasi mengenai aktivitas di sekelilingnya.

Untuk jantung mekanisnya, Nissan masih merahasiakan spesifikasi detailnya. Namun kabarnya, Invitation akan dibekali mesin 1.500 cc dengan emisi gas buang rendah 100 g/km atau sama dengan mesin 1.200 cc milik Nissan March. “Penamaan pada mobil ini sesuai dengan desainnya yang menarik dari sisi eksterior, interior dan fitur-fiturnya. Semuanya dikemas dalam dimensi yang compact,” ujar Francois Bancon, Divisi Deputi General Manager Product Strategy and Product Planning Nissan Motors.
Namun untuk memindahkan Nissan Invitation ke garasi rumah, Anda harus bersabar. Pasalnya Nissan menyebutkan produksi massal Invitation akan dilakukan pada 2013 atau tahun depan. Jika jeli, seharusnya produk ini juga akan menjadi incaran Nissan Motor Indonesia untuk dipasarkan di Indonesia. Produk sebelumnya yang berhadapan dengan Honda Jazz yaitu Nissan Livina, terasa kurang menggigit para pecinta hatchback di Indonesia.

 

 Warna Baru Honda Scoopy 2012

Hadirnya Yamaha Fino, dijawab sang pelopor skutik retro-modern di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) dengan menawarkan warna baru Honda Scoopy yang terlihat lebih sporty, yaitu kombinasi warna Merah dan Hitam. Dengan adanya penyegaran warna, Honda Scoopy saat ini menjadi memiliki lima varian warna yaitu Cayenne Black, Sugar Blue, Candy Red, Classic White, dan Vintage Violet. Asyiknya, skutik baru ini hadir tanpa kenaikan harga alias tetap Rp 13,72 juta. AHM menargetkan penjualan Honda Scoopy di tahun 2012 dapat mencapai 20.000 unit per bulan. Warna baru ini juga mencerminkan ungkapan 'attractive-young-dynamic'.

Dengan adanya penyegaran warna, Honda Scoopy saat ini memiliki lima varian warna yaitu Cayenne Black, Sugar Blue, Candy Red, Classic White, dan Vintage Violet.  AHM akan memasarkan skutik barunya ini tanpa kenaikan harga, yaitu Rp13,725 juta. AHM menargetkan penjualan Honda Scoopy di tahun 2012 ini dapat mencapai 20.000 unit/bulan.


Permintaan terhadap sepeda motor skuter otomatik atau skutik terus meningkat. Pada tahun lalu, penjualan sepeda motor skutik tercatat 4.150.614 unit atau naik 22,9 persendibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 3.376.541 unit.


AHM mencatat pertumbuhan penjualan yang lebih besar yaitu sebesar 53,5 persen dari 1.551.386 unit. Hasil penjualan ini semakin mengukuhkan posisi Honda sebagai Raja Motor skutik dengan pangsa pasar 57,4 persen, naik cukup signifikan dibandingkan dengan tahun 2010 dengan pangsa pasar hanya 45,9 persen.


Sejak diluncurkan pertama kali di tahun 2010, Honda Scoopy yang memiliki karakter unik bergaya retro-modern ini disambut sangat baik oleh konsumen Indonesia. Pencapaian penjualan Honda Scoopy sejak diluncurkan sampai bulan lalu telah mencapai hampir 360 ribu unit.


Direktur Pemasaran Auddie A.Wiranata mengatakan karakter desain Scoopy yang unik juga sangat diapresiasi oleh berbagai kalangan masyarakat sehingga semakin mengukuhkannya sebagai pioneer skutik retro modern di Indonesia.


Hyundai Luncurkan Elantra GT 2013 


Hyundai Luncurkan Elantra GT 2013
HYUNDAI yang kita kenal sebagai model i30 di Eropa rencananya akan dijual di Amerika Serikat sebagai Hyundai Elentra GT. Kendaraan yang ditampilkan di Chicago Auto Show 2012 ini akan melengkapi Elantra Sedan dan Coupe.

Di Amerika, kendaraan ini hanya akan ditawarkan dalam pilihan mesin 1.8 liter Nu empat silinder 148 hp dan 177,6 Nm. Transmisinya disodorkan dalam dua pilihan yaitu manual (M6CF3-1) dan otomatis (A6GF1) dengan Shiftronic manual control. Keduanya menganut mode 6-speed.

Ruang interiornya memiliki desain lebih baik dibanding pesaingnya. Di dalamnya terdapat sistem infotainmen Hyundai Bluetooth touchscreen, dual zone climate control dan sejumlah perlengkapan premium seperti:

- Laci dengan kotak pendingin
- Jok depan dengan fitur penghangat
- Jok elektrik pengemudi 10-way plus penopang punggung berpengatur elektrik
- Clean Air Ionizer
- Permukaan jok berlapis kulit
- Lampu depan utama otomatis
- Spion samping dengan lampu sein terintegrasi
- Tombol pengatur audio pada roda kemudi plus cruise control
- Bluetooth hands-free dengan sistem pengenalan suara

Perangkat keselamatan standarnya terdiri dari ESC (Electronic Stability Control), ABS (anti-lock braking system) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) plus Brake Assist (BA) dan VSM (Vehicle Stability Management).

Sementara fitur keseamatan pasifnya terdiri dari tujuh airbag sebagai standar. Sepasang di depan, sepasang di samping dan sepasang lagi di sepanjang jendela samping plus di bagian lutut pengendara untuk pertama kalinya diterapkan pada Elantra.

Elantra GT tidak memiliki kelemahan yang dimiliki model lama dalam hal gaya yang membuatnya berada di bawah pesaing utamanya seperti Ford Focus, Mazda3 dan Volkswagen Golf. Kita tunggu saja apakah Hyundai Elantra bisa memenangkan persaingan di segmen tersebut.

Jika Hyundai berambisi untuk itu, Elantra GT harus bisa mengalahkan Mazda3 yang saat ini diakui memiliki handling terbaik. Jika berhasil maka besar kemungkinan ia akan bertengger di puncak tahta.