search

Bajaj Targetkan Jual 1000 Unit Pulsar 200NS Tiap Bulan


Animo masyarakat yang sangat baik pada generasi terbaru Bajaj Pulsar 200NS membuat PT Bajaj Auto Indonesia BAI), ATPM Bajaj di tanah air yakin produknya bisa diterima konsumen.

Pulsar 200NS rencananya akan masuk Indonesia dalam tiga sampai empat bulan setelah distribusi di negara asalnya, India. Atau pada bulan Juli-Agustus, motor ini sudah akan diimport dari India ke Indonesia.

Untuk tahap awal PT BAI akan mendistribusikan 1.000 unit Bajaj Pulsar 200NS tiap bulannya. "Tapi bertahap akan meningkat, diharapkan bisa mencapai 2.000 unit tiap bulan," buka Budi Dirgantoro, Sales Functional Head PT BAI.

"2.000 unit itu untuk mengantisipasi inden diawal peluncuran Pulsar 200NS ini," lanjutnya ketika dihubungi lewat telepon selular. Seandainya benar bisa terjual hingga 2.000 unit perbulan, artinya akan setara dengan penjualan bulanan Honda Tiger.

Secara kapasitas mesin, varian baru ini memang head to head dengan Honda Tiger. "Tapi harganya, kami usahakan lebih kompetitif," ungkap Rizal Tandju, Event & PR Manager PT BAI.

Selain memiliki desain baru yang lebih menarik, Bajaj Pulsar 200NS ini punya mesin anyar. Mengusung teknologi dari KTM Austria, tenaganya diklaim tembus 23,52 PS di 9.500 rpm dan torsinya 18,3 Nm pada 8.000 rpm. Mantab! (via motorplus-online.com) 

Spesifikasi Bajaj Pulsar 200 NS, dengan Tiga Busi


Lahir dengan penampilan yang benar-benar beda, Bajaj Pulsar terbaru juga punya mesin anyar. Mengusung teknologi dari KTM Austria, tenaganya diklaim tembus 23,52 PS di 9.500 rpm dan torsinya 18,3 Nm pada 8.000 rpm. Yuk, lihat spesifikasinya!

Mesin yang kabarnya masih mirip dengan KTM Duke 200 ini memiliki satu silinder berpendingin air. Jadi sudah dilengkapi dengan radiator, cirinya di blok silindernya sudah tidak ada lagi sirip pendingin.

Tapi konstruksi kepala silindernya masih SOHC, sedang KTM Duke 200 sudah DOHC. Meski SOHC, punya empat klep dengan mekanisme pengoperasian mirip Yamaha V-Ixion. Satu rocker arm langsung mendorong dua klep sekaligus.
<
Suplai bahan bakar yang deras dari karburator UCD 33 mm yang masuk ke ruang bakar langsung dipantik oleh tiga busi sekaligus. Teknologi tiga busi ini kabarnya mampu membuat konsumsi bahan bakar Pulsar 200 NS ini lebih hemat.

Karakter ruang bakarnya yang over square diprediksi putaran atasnya lebih garang. Bisa dilihat dari power dan torsi puncak yang baru tercapai di 8.000 rpm ke atas.

Uniknya, desain knalpot pada motor ini juga serupa dengan KTM Duke 200. Tidak lagi menjulang di samping, tapi kini sembunyi di kolong. Lebih simpel karena pemandangan jadi tertuju ke desain peleknya yang menarik sekaligus hugger dan disk brake belakang.

Bajaj mengklam motor ini memiliki max speed hingga 136 Km/jam. Sedang untuk akselerasi dari diam hingga 60 km/jam hanya butuh waktu 3,61 detik. Dan akselerasi 0-100 km/jam bisa diraih dalam 9,83 detik.

Sedang untuk rangkanya mengusung tipe perimeter frame atau yang biasa disebut juga dengan deltabox. Melihat spesifikasi dimensinya rasanya tidak akan jauh berbeda dengan Pulsar 220F.

Suspensinya pakai teleskopik konvensional di depan, tapi diameternya sudah lumayan besar, 37 mm. Bandingkan dengan Honda Tiger yang cuma 31 mm. Sedang sokbraker belakangnya monoshock dengan tabung. Warna merah pada ulir per-nya membuat tampilannya makin sporty.

Meski belum keluar harga resminya, tapi di India motor ini akan dijual kurang dari 1 lakh atau sekitar Rp 18 jutaan. Wah, hemat ya! (via motorplus-online.com)