Dimensi dan bodi sama persis
Banyak
bikers yang tergila-gila pesona kuda besi berdapur pacu V engine macam
Harley-Davidson. Salah satunya Zulkifli yang sejak muda mendambakan
besutan yang berasal dari Milwaukee, Wisconsin, negara bagian Amerika
Serikat itu. Keinginan ini dicurahkan lewat Honda Tiger yang sudah
disulap bergaya H-D Ultra Glide.
“Mikirin H-D Ultra Glide bikin
saya enggak bisa tidur, membuat kepikiran untuk modifikasi Honda Tiger
yang tampilannya dibikin ala H-D spesifikasi turing tersebut,” jelas
Zulkifli yang tinggal di Cinere, Kota Depok.
Memang tidak mudah
untuk merealisasikan keinginan Zulkifli, pasalnya dimensi motor harus
dibuat lebih melar. Mulai dari rangka dan bodinya yang seluruhnya sudah
pasti diganti baru. “Ubahan Hoda Tiger ini terbilang extrem lantaran
rangka seluruhnya dibaut ulang, hanya bagian komstir saja yang masih
bawaan motor,” jelas Wardoyo, modifikator dari bengkel G2C yang
mengerjakan modifikasi ini.
Cover gearbox dicetak fiber (kiri) - Spatbor dilengkapi dengan list (kanan)
Biar tampilan Honda Tiger hasilnya
bisa semirip mungkin dengan H-D Ultra Glide, ubahan bagian rangka harus
maksimal. “Desain frame mengikuti tekukan H-D Ultra Glide yang data dan
gambarnya diperoleh dari manual book asli H-D,” lanjut Wardoyo .
Menurut
Wardoyo yang berambut ikal itu, rangka asli harus rela dikorbankan.
Diganti dengan pipa seamless yang diameternya ½ inci.
Berikutnya yang jadi kendala dapur
pacu satu silinder Tiger. Imut, jadi masalah dalam proses pembentukan
rangka bagian tengah. Tulang tengah ini harus dibuat lebar sesuai dengan
mesih H-D model V-twin dan gearbox terpisah.
Semula Wardoyo berniat menempel blok mesin dan silinder head copotan Honda Tiger di bagian atas, namun rencana berubah.
Alhasil
dapur pacu tidak mengalami ubahan, hanya areal belakang Tiger biar
telihat besar diisi dengan kamuflase yang mirip gearbox H-D. “Kalau
dilihat seklias areal bagian mesin jadi terlihat penuh,” urai Wardoyo.
Untuk
gearbox dan tutupnya ini, mengandalkan bodi fiber yang langsung dicetak
dari part orisinil H-D. “Kebetulan saya masih menyimpan cover gearbox
H-D, makanya langsung dicetak dengan fiber,” lanjut builder bertubuh
gempal ini.
Tidak cuma itu, bahan fiber juga dimanfaatkan Wardoyo
untuk membentuk seluruh bodi tiruan H-D Ultra Glide. Ini kali, builder
asal Seragen, Solo itu enggak pakai bodi pelat besi yang sudah jadi
andalannya. Lantaran bodi motor yang besar harus disiasati dengan
material yang lebih ringan.
Pengerjaan bodi lagi-lagi dicetak
langsung dari copotan part H-D Ultra Glide. Meliputi tangki, sepatbor
depan dan belakang, winshield, bagian box, makanya bentuk dan ukuran
bodi fiber yang menempel di Honda Tiger ini sama persis dengan Ultra
Glide. Bener-bener Hampir-Davidson…!
(sumber: motorplus-online.com)