search

Caponord 1200, Motor Penjelajah Baru Dari Aprilia


Aprilia kembali memperkenalkan motor baru. Dalam sebuah dealer meeting, Caponord 1200 diperlihatkan untuk pertama kalinya. Sepintas sudah ketahuan kalau ini adalah sepeda motor tipe penjelajah.

Wah, bakal jadi kompetitor BMW R1200GS, Triumph Tiger 800XC atau Ducati Multistrada yang sudah lebih dulu kokoh dengan image sepeda motor dual purpose.

Seperti dirilis motorcycle, motor yang gosipnya akan dipasarkan pada tahun 2013 mendatang ini punya sejumlah spesifikasi yang mirip Aprilia Dorsoduro 1200. Mulai dari mesin hingga rangka dan kaki-kakinya.

Mesinnya tetap berkapasitas 1.197 cc yang diklaim dapat mencapai tenaga 130 hp pada 8.700 rpm dan torsinya 85ft-lb di 2.700 rpm. Mesin yang mengusung konvigurasi v-twin ini sudah DOHC dan memiliki empat klep dan dua busi di tiap silindernya.

Hebatnya, Aprilia juga melengkapinya dengan triple map ride by wire. Ada pilihan berkendara sport, turing dan mode khusus saat hujan. Sedang rangkanya mengusung teknologi ultralight modular.

Sedang rangkanya dibuat dari perpaduan besi trellis dengan alumunium casting. Model rangka Aprilia Caponord 1200 diklaim sama dengan type Aprilia Dorsoduro 1200, lantas apa yang yang berbedakannya?

Bedanya ada di bodi bagian belakang, yaitu desain knalpot yang berada disamping kanan serta bentuk lampu belakang yang lebih modern.

Untuk tampilan fairing setengah telanjangnya, Aprilia Caponord 1200 ini mengadopsi desain bodi depan aprilia RSV4. Uniknya, sepatbor depannya didesain layaknya motor sport. (via motorplus-online.com)

Bajaj Pulsar 200NS Meluncur Tahun Ini di Indonesia


Generasi terbaru Bajaj Pulsar 200NS langsung menghipnotis bikers di Indonesia. Tampilan sangarnya dan bocoran spesifikasi mesinnya membuat banyak mata terpana. Setelah resmi launching di India, kapan masuk Indonesia?

"Kalau lancar prosesnya tiga sampai empat bulan setelah penjualan di India, bisa masuk Indonesia," buka Rizal Tandju, Event & PR Manager PT Bajaj Auto Indonesia (BAI).

"Kabarnya di India mulai distribusi bulan April. Sedang untuk pasar internasional, mulai tiga sampai empat bulan setelahnya. Semoga saja kita bisa ikut jadwal itu," lanjutnya.

Artinya, kemungkinan besar Juli sampai Agustus atau paling lambat akhir tahun, motor ini bisa nongol di Indonesia. Bagaimana dengan harganya?

"Lebih mahal dari Pulsar 220 tapi lebih kompetitif ketimbang kompetitor yang bermain di kelas 200 cc," ungkap Rizal tanpa merinci lebih jauh harga jualnya. Wah, bisa dibawah Rp 25 jutaan nih! 

Bajaj Pulsar terbaru ini punya mesin anyar. Mengusung teknologi dari KTM Austria, tenaganya diklaim tembus 23,52 PS di 9.500 rpm dan torsinya 18,3 Nm pada 8.000 rpm. Yuk, lihat spesifikasinya!


Mesin yang kabarnya masih mirip dengan KTM Duke 200 ini memiliki satu silinder berpendingin air. Jadi sudah dilengkapi dengan radiator, cirinya di blok silindernya sudah tidak ada lagi sirip pendingin.

Tapi konstruksi kepala silindernya masih SOHC, sedang KTM Duke 200 sudah DOHC. Meski SOHC, punya empat klep dengan mekanisme pengoperasian mirip Yamaha V-Ixion. Satu rocker arm langsung mendorong dua klep sekaligus.

Suplai bahan bakar yang deras dari karburator UCD 33 mm yang masuk ke ruang bakar langsung dipantik oleh tiga busi sekaligus. Teknologi tiga busi ini kabarnya mampu membuat konsumsi bahan bakar Pulsar 200 NS ini lebih hemat.

Karakter ruang bakarnya yang over square diprediksi putaran atasnya lebih garang. Bisa dilihat dari power dan torsi puncak yang baru tercapai di 8.000 rpm ke atas.

Bajaj mengklam motor ini memiliki max speed hingga 136 Km/jam. Sedang untuk akselerasi dari diam hingga 60 km/jam hanya butuh waktu 3,61 detik. Dan akselerasi 0-100 km/jam bisa diraih dalam 9,83 detik. (via motorplus-online.com)