Sebagai wujud kasih sayang terhadap anak
sekaligus menyalurkan hobi dalam hal modifikasi, Biink pun merombak
Honda Scoopy lansiran 2011 miliknya. Tidak tanggung-tanggung gaya
modifikasi yang diusung bisa dibilang ekstrim. Bagaimana tidak, wujud
asli skutik retro tersebut hilang sama sekali. Tampang barunya kini
berwujud layaknya motor gede alias moge beraliran chooper. “Gaya ini
terinspirasi dari film Ghost Rider,” beber Davin, anak dari Biink.
Bagian yang masih dipertahankan pada
skutik ini hanyalah bagian dapur pacu. “Selebihnya kastem,” tukas Biink
yang mengaku menggarap motor ini dalam waktu 1,5 bulan. Biink mulai
membangun motor ini dari dasar. Rangka turbular menjadi pilihan dalam
membuat pondasi Scoopy Chooper. Setang dan segitiga pun dibuatnya
sendiri oleh punggawa Davin Motor yang bermarkas di Tangerang. Begitu
juga pada pijakan kaki. Untuk menguatkan kesan moge, filter udara
menggunakan milik Harley-Davidson.
Mengadopsi tangki model kacang (peanut)
semakin menguatkan kesan sebagai chooper sejati. Dengan balutan cat ungu
yang menjadi warna favorit sang anak pada penampung bahan bakar serta
spakbor belakang dan ditambah grafis batik menjadikan tampilan Scoopy
Chooper terlihat manis. Jok model single seater yang terbuat dari pelat
ini diakui menjadi bagian yang tersulit dalam pengerjaannya. Pasalnya
harus mendapatkan ukuran pelat yang tepat agar tidak bengkok saat
diduduki. Selain itu, Biink mengaku mengalami kesulitan dalam mencetak
jok agar enak dilihat dan enak saat diduduki.
Urusan suspensi, Biink sengaja membuat
bagian depan dibuat memanjang agar tampak jangkung. Hasilnya, meski
menjadi lebih tinggi skutik ini tetap nyaman dikendarai. Untuk meredam
getaran di bagian belakang, Biink mengandalkan monoshock Suzuki Satria.
Kaki-kaki pun sepenuhnya kastem. Velg depan menggunakan ukuran 17 inci
dengan model multi jari-jari yang dipadu dengan cakram lebar, sementara
belakang menggunakan velg 15 multi jari-jari yang dibalut dengan ban
tapak lebar sehingga tampak padat berisi.
Knalpot pun di desain unik yakni dengan
model setengah lingkaran dengan ujung yang meruncing. Biink mencoba
membuat ukuran knalpot sesuai dengan diameter velg. Sebagai finishing
agar terlihat tampak elegan dan bersih, maka sebagian besar bagian
dilabur cairan krom. Alhasil Scoopy Chooper kini menjadi tampil
kinclong. Dengan ubahan radikal yang menghabiskan dana Rp15 juta.
0 komentar:
Post a Comment