search

Rahasia Pintu Unik Ford B-Max

Eropa – Selama ini kita melihat mobil konsep dengan aneka bentuk pintu. Mulai dari gunting, suicide hingga gullwing. Sayangnya, begitu mencapai tahap produksi massal, semua pintu tersebut juga diubah menjadi model konvensional.

Namun hal tersebut tak berlaku bagi produk anyar Ford B-Max. Yup, seperti pada versi konsepnya, MPV tujuh penumpang ini tetap mempertahankan pintu konvensional di depan dan sliding di belakang tanpa adanya sekat (pilar B). Teknologi ini berjuluk “Easy Access Door System”.

Lho, bukankah pilar B bertujuan untuk meningkatan keamanan penumpang dari dampak tabrakan samping? Tenang, Ford telah memperhitungkan hal tersebut dengan memperkuat pilar pintunya. Serta mengaplikasi bahan bernama ultra-high strength steel yang kekuatannya lima kali besi biasa.

Bahkan demi meyakinkan faktor keamanan mobil tersebut, Ford mengklaim telah melakukan uji simulasi komputer sebanyak 1.000 kali dan 50 uji tabrak secara nyata.

Keuntungan aplikasi “Easy Access Door System” ada pada akses keluar masuk mobil yang sangat mudah. Sebab saat kedua pintu dibuka, maka akses keluar masuk mobil mencapai 1,5 meter jauh lebih lega ketimbang pesaingnya Opel Meriva yang mengandalkan pintu suicide dengan pilar B yang hanya menyediakan ruang akses 0,7 meter.

Stefan Lamm, Direktur Desain Eksterior Ford Eropa menyatakan jika B-Max dengan teknologi Easy Door Access System merupakan hasil impian para insinyur selama bertahun-tahun.

(sumber: mobil.otomotifnet.com)

0 komentar:

Post a Comment